Whole language adalah cara untuk
menyatukan pandangan tentang bahasa, tentang pembelajaran dan tentang orang –
orang yang terlibat dalam pembelajaran. Dalam hal ini, orang-orang yang
dimaksud adalah peserta didik dan guru. Whole
language dimulai dengan menumbuhkan lingkungan dimana bahasa diajarkan
secara utuh dan keterampilan bahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis)
diajarkan secara terpadu. Menerapkan whole
language memang agak sulit karena tidak ada acuan yang benar-benar
mengaturnya. Namun, Anda dapat mencoba menerapkannya dengan mengetahui
komponen-komponen yang terdapat dalam whole
language.
1.
Reading
Aloud kegiatan membaca yang dilakukan oleh guru untuk
peserta didik.
2.
Jurnal
Writing atau menulis jurnal
3.
Sustained
Silent Reading kegiatan membaca dalam hati yang
dilakukan oleh peserta didik.
4.
Shared
Reading kegiatan membaca bersama antara guru dan peserta
didik.
5.
Guided
Reading atau
disebut juga membaca terbimbing guru menjadi pengamat dan fisilitator.
6.
Guided
Writing atau menulis terbimbing
7.
Independent
Reading atau membaca bebas
8.
Independet
Whiring atau menulis bebas
Daftar
Pustaka
Santosa,
P. (2003). Materi dan Pembelajaran Bahasa
Indonesia SD.
Jakarta
: Universitas Terbuka
No comments:
Post a Comment