Friday, August 11, 2017

Desain Pemenang Sayembara Monumen Bundaran Besar Palangka Raya

sintungtelu.blogspot.co.id Sayembara desain Monumen Bundaran Besar Palangka Raya yang diselenggarai oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Kalimantan Tengah sejak 5 Mei 2017 lalu akhirnya mendapatkan karya terbaik sebagai pemenang sayembara.

Pada 9 Juli 2017 yang lalu dimana sudah menjaring empat karya terbaik untuk dipilih menjadi yang terbaik antaranya Peserta nomor urut 029 asal Denpasar Bali, nomor urut 030 asal dari Tengerang Banten, nomor urut 132 asal Bandung dan nomor urut 142 asal Palangka Raya.

Dari keempat itu menurut informasi yang saya dapat disebuah akun Instagram @pkydevelopment yang mengupload desain pemenang sayembara sekitar pada pukul 22.00 WIB (11/8/17), disitu disampaikan yang menjadi pemenang adalah kontestan dari Bandung dengan nomor peserta 132.

Desain karya pemenang peserta 132 sebagai Simbol Persatuan Bangsa dan Perdamaian Dunia, memberikan nama desainnya dengan Bundaran Sandya Pastika Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Sandya Pastika sendiri berasal dari Bahasa Sanskerta yang artinya Sandya berarti persatuan dan Pastika berarti Kristal; crystal of unity.

Di situ juga dijelaskan Persatuan dalam artian kehadiran bundaran sebagai lambang persatuan bangsa dan perdamaian dunia, krital mengacu pada kristalisasi Pancasila. Kristalisasi adalah suatu yang telah tersaring dari nilai-nilai yang ada, sehingga merupakan sari pati atau inti pokok yang mengkristal. Telah terbentuk dari perjalanan sejarah Bangsa Indonesia. (#RAI)

Baca juga: Akan Adan Negara di Luar Angkasa, Anda Mau Daftar?
 
 
 
 
 
 
 


No comments:

Post a Comment