Menurut Sudjana, pembelajaran merupakan setiap upaya yang dilakukan dengan
sengaja oleh pendidik yang dapat menyebabkan peserta didik melakukan kegitan
belajar .menurut Gulo , pembelajara adalah usaha untuk menciptakan sistem
lingkungkungan yang mengoptimalkan kegiatan belajar . menurut Nasution
pembelajaran sebagai suatu aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan
sebaik-baiknya dan menghubungkanya dengan anak didik ,sehingga terjadinya
proses belajar ,yang dimaksud dengan lingkungan disni adalah ruang belajar
,guru, alat peraga, perpustakaan ,laboraturium ,dan sabagainya yang relevan
dengan kegiatan belajar siswa.
Biggis
membagai konsep pembelajaran dalam tiga pengertian, yaitu :
1.
Pengertian
kuantitatif
Penularan
pengatahuan dari guru kepada siswa guru di tuntu untuk menguasai ilmu yang di
sampaikan kepada siswa ,sehingga memberikan hasil yang optimal.
2.
Pengertian
institusional
Penataan
segala kemampuan mengajar sehingga berjalan efesien. Guru selalau siap
mengadaptasikan berbagai teknik mengajar .
3.
Pengertian kualitatif
Upaya
guru untuk memudahkan belajar siswa. Peran guru bukan hanya menyapaikan materi pemnelajaran,
tetapai juga melibatkan siswa dalam aktifitas belajar yang efektif dan efisien.
Kesimpulanya ,pembelajaran merupakan suatau upaya yang dilakukan dengan sengaja
oleh pendidik untuk menyampaikan ilmu pengetahuan, mengorganisasi dan mencipta
sistem lingkungan dengan berbagai metode sehinga siswa dapat melakukan kegiatan
belajar secara efektif dan efesien serta
dengan hasil optimal.
Lebih Lengkap Isi Blog Klik Disini
Baca Juga:
No comments:
Post a Comment