Model
pembelajaran yang mana kerap digunakan oleh seorang guru dalam mengemas proses
belajar mengajar dan materi pembelajaran agar lebih sistematis dan tersusun,
model pembelajaran merupakan serangkaian penyajian materi pembelajaran yang
meliputi segala aspek sebelum dan sesudah proses belajar mengajar.
Soekamto, dkk (Isar, Risyando
Abe. 2017) mengemukakan maksud dari model
pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang
sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan
belajar tertentu, dan dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang
pembelajaran dan para pangajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar.
Sedangkan menurut Joyce, (Isar,
Risyando Abe. 2017) model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola
yang digunakan sebagai pedoman dalam merencana pembelajaran di kelas atau
pembelajaran dalam tutorial dan untuk menentukan perangkat-perangkat
pembelajaran termasuk dalam buku-buku, film, computer, kurikulum, dan lain-lain.
Jadi
model pembelajaran diartikan sebagai prosedur sistematis dalam
mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Dapat juga
diartikan suatu pendekatan dan pedoman yang digunakan dalam kegiatan
pembelajaran untuk mencapai tujuan pelajaran tertentu.
Sumber:
Isar,
Risyando Abe. (2017). Penerapan Model Probing
Prompting Dengan Menggunakan
Media Gambar
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas V Sdn 3 Palangka Tahun Pelajaran 2016/2017. Palangka Raya: FKIP UM Palangkaraya
No comments:
Post a Comment