Thursday, August 3, 2017

Anak 90-An Pasti Kengen Dengan Ini

sintungtelu.blogspot.co.id – Dunia anak-anak adalah dunia bermain, jadi jangan heran masa kanak-kanak masa dimana kita disuguhkan dengan ragam permainan, seiring kemajuan zaman banyak hal yang dironrong tidak terkecuali permainan kita yang dulu, yang sekarang bisa dikategorikan permainan jadul, kenapa mimin mengatakan jadul, dewasa ini permainan anak 90-an hampir tidak pernah kita jumpai lagi. Apakah anda salah satunya anak 90-an, ingatkah anda dulu permainan apa-apa saja ? mungkin anda ingat sekilas atau sudah lupa ! “hehehe”. Tapi mimin yakin meski sudah lama tidak pernah main permaian anak 90-an pasti anda masih ingat beberapa permaian dulu, karena kita juga punya memori masa kecil yang sekarang masih terngiang-ngiang bagaimana seru dan begitu bahagianya kita dulu. Kalau di ingat-ingat pasti bikin kangen ya. “heheheee” apalagi anak yang menghabiskan waktu seharinya dengan permainan pasti kangen banget nih, ayo langsung saja kita bernostalgia masa kecil, mimin khusus buatkan untuk kawan-kawan semua, apa lagi untuk anak desa yang sekarang tinggal dikota. Berikut telusuran mimin beberapa permainan 90-an;

1. Kalapiting/Baling-Baling

Ada yang pernah maini ini di desanya ? tempat kalian ini namanya apa ? tempat mimin ini namanya Kalapiting kalau tidak salah miri seperti baling-baling, untuk memainkan ini kita rela berlari kesana kemari di kampung dengan teman-teman demi si Kalapiting berputar kencang. Kebahagian tersendiri ketika kita berlari si Kalapiting ini berputra “hihihii”.



2. Layang-layang
Sumber foto: pengadegan11.blogspot.co.id













Untuk yang pernah ngejar layang-layang putus, lalu rebutan dengan teman-temannya lari terbirit-birit sobat memegang layang-layang, ada sebagian megang benang dan kalian debat “aku duluan, aku dapat” “hahahaaa” masa kecil kalian penuh dengan nego-nego. Kalau dipikir-pikir seberapa mahal sih harga layang-layang, sampai kita rela menyebrangi satu sungai dan lari beberapa km jauhnya “hehehee” kita juga kalau dapat bonus kaki bisa cidera ngijak kiwak kasa “beling”, tapi mau bagaimana lagi disitulah keseruan dimasa kita. Mimin ketawa terus nih ingat masa lalu, ayo ada yang kengan gak dengan layang-layang.  

3. Gelang Karet
Sumber foto: http://papasemar.com














Kalau di kampung mimin ini namanya Dango biasanya kalau mau main ini “ayo itah main dango” nama permainan ini tempat mimin bakatek, batimbai/bambung dll. Mimin lupa-lupa juga, yang ingat ayo komen namanya apa-apa saja. “hehehee” kalau permainan bakatek biasanya dibuat dua tiang kecil seperti tiang net volly, lalu kedua tiang kecil di pasang satu gelang karet tempat pasangan para pemain, setah di buat tempat pemasangan yang nanti akan dibidik oleh para pemain dengan kejauhan yang ditentukan. Yang kecilnya di desa pasti tau apa kegunaan dari Gelang Karet ini, apalagi yang tangannya penuh dengan gelang karet “hahahahaaa”.

4. Bingung Ini namanya apa ???

Yang pernah main ini tau gak ini permaian apa ? mimin belum tau nama permaian ini “hahahaa”. Yang jelas orang yang pernah main ini pasti masa kecilnya kurang kerjaan, selain itu masa kecil sobat penuh dengan keingin tauan “hahahaaa”.

5. Kelereng
Sumber foto: rasaindonesiaasli.blogspot.com














Bahasa inggris kelereng tempat mimin Kaleker “hihihii”, yang jelas sobat tau kalau ada kelereng harus diapain. Permaian kelereng salah satu permainan yang menarik, orang yang memainkan ini harus memiliki konsentrasi yang tinggi, karena mereka harus membidik kelereng lainnya dengan tepat. Masa kecil anda terlesamatkan jika main kelereng tempat kelereng anda di kantong saku celana, kalau sudah menang banyak hati-hati celana melorot “hahahahaa”.

6. Ketapel
Sumber foto: enggangjantan.wordpress.com















Permainan yang satu ini tidak kalah serunya, yang suka membidik buah tetangga mohon jempolnya “hahahaa” ayo sudahkan sobat menghitung berapa buah yang sudah sobat dapatkan sewaktu kecil. Masa kecil sobar selamat jika pernah bermain ketapel, tempat mimin ini namanya Katek. Dewasa yang suka membidik dan berburu pasti masa kecilnya suka main ini “hahahaaa”. Untuk mencari cakang katek mimin dan teman-teman dulu pergi kehutan demi sebuah caka kateng yang bagus, biasanya dulu untuk membidik kaleng yang disimpat di sebuah tempat lalu di bidik dari kejauhan yang ditentukan. Sobat seorang pemeng jika mengenai sasaran dengan cepat dan tepat.

  
7. Ular Tangga
penyields.wordpress.com




















jika pernah memainkan permainan ini bearti masa kecil sobat tersalamatkan, bagaimana tidak selamat, disini anda akan senang jika teman anda mendapatkan urutan kocokan dadu singgah atau ketemu ular dan satu yang kalian cari-cari adalah ketemu dengan tangga, seperti ada kenikmatan tersendiri jika teman mu ketemu ular. “hahahahaa” semoga permain ini bukan cikal bakal sobat jadi Bandar dadu “hahahaaa” jangan ya judi itu haram.

8. Kapal Kapalan

Masih ingatkah sobar, sobar rela berjam-jam hanya untuk memperhatikan sebuah baskom berisi air  yang didalamnya ada kapal mutar-mutar dengan suara “tek ketek ketek ketek” begitulah sekilas suaranya “hahahahaa”. Ada yang kangen, dipasaran susah cari permainan kapal-kapalan ini, anda pernah sambil jongkok hanya memperhatikan mainan ini, berarti masa kecil anda terselamatkan oleh kapal perang ini “hahhaaa”. klik Disini Untuk Melanjutkan Membaca




No comments:

Post a Comment