Wednesday, August 16, 2017

Metode Pembelajaran dalam Kurikulum 2013


Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan dalam proses pembelajaran sehingga diperoleh hasil yang optimal. Adapun berbagai metode pembelajaran yang dapat digunakan pendidik dalam kegiatan pembelajaran ,antara lain :
1.       Metode ceramah
Penyampain materi dari guru kepada siswa dengan melalui bahasa lisan baik verbal maupun no verbal.
2.       Metode latihan
Penyampain materi melaluai upaya penanaman kebiasaan-kebiasan tertentu ,sehingga diharapkan siswa dapat menyerap materi secara optimal.
3.       Metode Tanya jawab
Penyajian materi melalui bentuk pertanyaan yang harus dijawab oleh anak didik. Bertujuan memotivasi anak mangajukan pertanyaan selama proses pembelajaran atau guru mengajuakan pertanyaan dan anak didik menjawab.
4.       Metode karyawisata
Metode penyampaian materi dengan cara membawa langsung anak didik ke objek di luar kelas atau di lingkungan kehidupan nyata agar siswa dapat mengamati atau mengalami secara langsung.
5.       Metode demontrasi
Metode pembelajaran dengan cara memperlihatkan suatu proses atau suatu benda yang berkaitan dengan bahan pembelajaran.
6.       Metode sosiodrama
Metode pembelajaran yang memberikan kesempatan keda anak didik untuk melakukan kegiatan memaikan peran tertentu yang  terdapat dalam kehidupan sosial.
7.       Metode permainan peran
Pembelajaran melalaui pengembangan imijinasi dan penghaytan anak didik secara  anak didik memerankan suatu tokoh ,baik tokoh hidup,maupun mati .metode ini mengembangkan penghayatan ,tanggung jawab ,dan terampil memaknai materi pembelajaran .
8.       Metode diskusi
Metode pembelajaran melalui pemberian masalah kepada siswa dan siswa diminta memeahkan masalah secara kelompok.
9.       Metode Pemberian Tugas dan Resitasi
Metode pemberian tugas dan resitasi merupakan metode pembelajaran melalui pemberian tugas kepada siswa. Resitasi merupakan metode pembelajaran berupa tugas pada siswa untuk melaporkan pelaksanaan tugas yang telah diberikan guru.
10.   Metode Eksperiman
Pembberian kepada siswa untuk melakukan percobaan.
11.   Metode proyek
Membahas materi pelajaran ditinjau dari sudut pandang pelajaran lain.

Adapun prinsip dalam pemilihan metode pembelajaran adalah disesuikan dengan tujuan, tidak terikat pada suatu alternatif, dan penggunaannya bersifat kombinasi. Faktor yang menentukan dipilihnya suatu metode dalam pembelajaran antara lain :
a.      Tujuan pembalajaran
b.      Tingkat kematangan anak didik

c.       Situasi dan kondisi yang ada dalam proses pembelajaran


Baca Juga:

No comments:

Post a Comment