Wednesday, August 2, 2017

Pengertian Model Pembelajaran

   Model pembelajaran yang mana kerap digunakan oleh seorang guru dalam mengemas proses belajar mengajar dan materi pembelajaran agar lebih sistematis dan tersusun, model pembelajaran merupakan serangkaian penyajian materi pembelajaran yang meliputi segala aspek sebelum dan sesudah proses belajar mengajar.

Soekamto, dkk (Isar, Risyando Abe. 2017) mengemukakan maksud  dari   model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pangajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar.

Sedangkan menurut Joyce, (Isar, Risyando Abe. 2017) model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencana pembelajaran di kelas atau pembelajaran dalam tutorial dan  untuk menentukan perangkat-perangkat pembelajaran termasuk dalam buku-buku, film, computer, kurikulum, dan lain-lain.

      Jadi model pembelajaran diartikan sebagai prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Dapat juga diartikan suatu pendekatan dan pedoman yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pelajaran tertentu.

Sumber:
Isar, Risyando Abe. (2017). Penerapan Model Probing Prompting Dengan Menggunakan
Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Kelas V Sdn 3 Palangka Tahun Pelajaran 2016/2017. Palangka Raya: FKIP UM Palangkaraya

No comments:

Post a Comment