Friday, August 18, 2017

Hari Raya Saraswati: STAHN TP Palangka Raya Gelar Sembahyang Bersama

sintungtelu.blogspot.co.id Sembahyang bersama yang digelar oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Upakara STAHN TP Palangka Raya dalam rangka Hari Raya Saarawati yang jatuh tepat pada hari sabtu, 19 Agustus 2017 di Balai Basarah STAHN TP Palangka Raya Jl. G. Obos X.

Hari Raya Saraswati yang dirayakan setiap 6 bulan atau 210 hari sekali oleh umat Hindu yang ada di Indonesia dipercayai sebagai hari lahirnya ilmu pengetahuan, Hari Saraswati juga dikenal dengan hari Pewedalan Sang Hyang Aji Saraswati, sebagai penghormatan dan puji syukur umat Hindu kepada Beliau yang telah menurunkan ilmu pengetahuan umat Hindu serentak mengadakan Sembahyang bersama seperti yang dilakukan di lingkungan STAHN TP Palangka Raya pagi ini.


Sembahyang yang dimulai pada pagi hari, nampak atusias para mahasiswa Hindu memadati Balai Basarah untuk mengikuti persembahyangan, tata cara ritual sembahyang yang tiap tahun dilakukan dengan tata cara Hindu Bali yang dipimpin oleh rohaniawan Nyoman Sidi Astawa dan Hindu Kaharingan dipimpin oleh Herwandi.

Budi Widodo selaku Pendharma Wacana saat itu menuturkan pentingnya sebuah ilmu pengetahuan bagi umat manusia, karena dengan ilmu pengetahuan kita bisa membedakan baik dan tidak baik, benar dan tidak benar. Wakil Ketua 3 Bidang Kemahasiswaan ini juga berpesan kepada mahasiswa, jadikan ilmu pengetahuan untuk memperkaya diri dan untuk memanusiakan manusia.


Salah satu mahasiswa semester 7 jurusan Dharma Acarya mengatakan “ Kegiatan ini sangat menyenangkan karena bisa menambah pengalaman tentang wawasan keagaman bahwa Hindu sangat menghargai sebuah Ilmu Pengetahuan, terbukti dengan kegiatan seperti ini” ungkap Yunita.


Turunya ilmu pengetahuan yang dikenal umumnya dengan Hari Raya Saraswati juga dikenal oleh umat Hindu Kaharingan yaitu dengan sebutan Bawi Ayah, hal ini tertuang di kitap Suci Panaturan Pasal 41 Bawi Ayah Hadurut Bara Lewu Telu, Nanturung Pantai Kalunen. (#MR) (Editor #RAI)

Lebih Lengkap Isi Blog Klik Disini

Baca Juga:

No comments:

Post a Comment