Wednesday, August 16, 2017

Sumber Studi Pustaka

1.    Jurnal
Jurnal penelitian sumber utama dan mempunyai nilai sangat penting dibandingkan dengan sumber-sumber informasi lainnya ialah jurnal penelitian. Banyak ragamnya tentang jurnal penelitian sebanyak bidang pengetahuan yang ada dan digeluti oleh para peneliti.
2.    Laporan hasil penelitian
Laporan hasil penelitian tidak semua hasil penelitian mempunyai kesempatan dapat dipublikasikan dalam jurnal. Mereka terserap dalam rak perpustakaan atau dimasing-masing dosen pembimbing. Para peneliti dapat mengakses dengan minta izin dosen-dosen  pembimbing.  Hasil penelitian tersebut mempunyai bobot hampir sama dengan yang ada dengan jurnal. Hasil penelitian yang ada dan subtansi lainnya dalam hasil penelitian dapat diambil sebagai acuan kepustakaan. Perbedaannya adalah laporan hasil penelitian tersebut belum diterbitkan. Acuan yang berasal dari jurnal maupun laporan hasil penelitian,kedua-duannya dapat digunakan untuk menyusun struktur studi literatur dan kerangka teoritis.
3.    Abstrak
Abstrak tidak lain adalah ringakasn tentang laporan hasil penelitian. Sudah menjadi kesepakatan internasional bahwa abstrak perlu ada dalam setiap laporan hasil penelitian,baik yang dipublikasikan maupun yang belum dipublikasikan. Bahkan untuk keperluan referensi perguruan tinggi universitas negri yogyakarta,mengharuskan pembuatan abstrak dalam minimal dua bahasa,yaitu bahasa indonesia dan inggris. Pada perpustakaan yang besar,abstrak diadministrasikan secara intensif agar dapat digunakan para peneliti maupun pembaca yang tertarik mencari informasi hasil penelitian. Karena bentuk abstrak yan ringkas peneliti akan dapat secara cepat mengambil keputus apakah informasi yang diperlukan,ada atau tidak jika seseorang peneliti merasa ada informasi yang relefan,mereka dapat membaca pada laporan penelitian,yang sebenarnnya.
4.    Narasumber
Narasumber dalam mencari informasi,narasumber merupakan sumber informasi yang hidup. Karena mereka umumnya adalah manusia yang mempunyai kreteria tertentu dan mempunyai pengaruh yang positif dalam bidang ilmu tertentu dan mempunyai pengaruh yang positif dalam bidang ilmu tertentu. Yang termasuk narasumber diantaranya adalah sebagai berikut;
a.    Para profesional,yaitu orang-orang yang mempunyai profesi atau terlibat secara langsung dengan kegiatan yang menjadi interes peneliti.
b.    Para ahli yaitu orang-orang yang memiliki bidang keahlian dalam bidang tertentu seperti para dosen perguruan tinggi,para peneliti,manajer perusahaan,superviser dan sebagainya.
5.    Buku
Sumber pustaka ilmiah yang lain adalah buku yang secara resmi telah di publikasikan atau telah menjadi pegangan dalam mempelajari suatu bidang ilmu. Buku ini sangat penting karena sebagian bidang ilmu yang erat kaitanya dengan penelitian dan sebagian besar ada dalam bentuk buku yang ditulis oleh seorang pengarang asli. Dalam kaitanya dengan buku sebagai sumber pustaka, para peneliti hendaknya mengacu pada wawasan yang lebih luas dalam hal penggunaan bahasa yang mencakup bahasa internasional termasuk bahasa indonesia, ingris, prancis, jerma, jepang, dan cina. Menguasai bahasa – bahasa internasional akan dapat menambah wawasan bagi para peneliti.
6.    Surat kabar dan majalah
Media cetak ini adalah merupakan sumber pustaka yang cukup baik dan mudah diperoleh di masyarakat. Mengingat bahwa informasi dari surat kabar dan majalah merupakan informasi yang sifatnya populer, para peneliti dianjurkan untuk lebih dahulu mengevluasi yang hendak diambil. Cara yang paling sederhana dan tetap efektif untuk diterapkan dalam mengevaluasi sumber informasi adalah dengan menanyakan seperti berikut ini:
a.    Apakah ( What ) isi dari surat kabar atau majalah relavan dengan permasalahan yang hendak dipecahkan dalam penelitian.
b.    Siapakah ( who ) penulis atau narasumber yang telah menuliskan pokok bahasan mempunyai kriteria, sebagai profesional, akademisi, atau sumber utama dalam suatu bidang tertentu ?
c.    Bagaimanakah ? ( How ) penulis mengutarakan pokok bahasan dalam surat kabar tersebut mengacu ? mereka mengacu dengan objektivitas keilmuan dan subjektivitas yang diutamakan.
d.   Kapan ( When )  karya tulis tersebut dicetak atau diterbitkan ? untuk masalah sosial politik, pendidikan, dan ekonomi, waktu 5 tahun mempunyai kemungkinan untuk berubah agar tetap relavan dengan permasalahan yang ada. Untuk bidang matematika, ilmu pengetahuan alam, dan teknologi kecuali teknologi informasi, masa lima tahun mungkin masih mempunyai relavansi dengan permasalahan yang ada.
e.    Mengapa ( Why ) penulis menguraikan pendapatnya dalam surat kabar atau majalah ? adakah mereka mempunyai kepentingan ekonomis, politis, atau telah ilmiah murni dalam acuan profesional dan akademik.
7.    Internet
Kemajuan tenologi membawa dampak yang sangat signifikan di bidang informasi. Dunia seolah menjadi semakin kecil, batas antarnegara dapat dilampaui dengan tidak melakukan intervensi. Dengan kemajuan teknologi informasi, kegiatan manusia semakin mengglobal, transaksi perdagangan dapat dilakukan dengan jaringan komunikasi, informasi mengalir dengan cepat. Apa yang terjadi dibelahan dunia yang satu dapat diketahui oleh dunia lain melalui teknologi informasi.
Salah satu sumber informasi yang seolah tidak terbatas dapat diperoleh para peneliti melalui internet. Untuk menyesuaikan dan agar dapat mengambil manfaat yang maksimal, para peneliti hendaknya dapat mencari informasi yang terkait dengan permasalahan melalui internet. Para peneliti dapatt membuka sendiri program internet yang dihubungkan dengan komputer milik sendiri dirumah. Mereka dapat menghubungkan dan membuka jaringan internet tersebut melalui telkom.
Bagi para peneliti dan mahasiswa yang tidak mempunyai komputer dirumahnya mereka dapat mengakses internet dan mencari informasi yang ada dengan pergi ke warung – warung Internet yang terdekat dan membuka alamat Email disana dan menggunakan secara bebas dan teratur dengan cara menyewa setiap jam. Besarnya ongkos sewa biasanya bervariasi tergantung dari warung tersebut dalam mematok harga yang telah ditentukan.


Lebih Lengkap Isi Blog Klik Disini

Baca Juga:


No comments:

Post a Comment