Saturday, August 26, 2017

Pendekatan Belajar Mengajar

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Proses belajar mengajar disekolah menjadi salah satu proses yang penting dalam rangka meningkatkan pengatahuan siswa. Meski demikian, proses pembelajaran itu tidak sekedar guru menyampaikan materi lalu siswa mendengarkan dan mencatat. Dalam proses penyampayan materi, perlu ada pendekatan pembelajaran agar materi yang disampaikan itu benar-benar bisa dipahami oleh siswa yang bersangkutan dan kemudian bisa diaktualisasikan dengan baik.
Dalam kegiatan belajar mengajar yang berlangsung, terjadi interaksi yang memiliki tujuan tertentu. Guru dan anak didikan yang menggerakkannya. Interaksi yang bertujuan itu disebabkan guru memberikan makna dengan menciptakan lingkungan yang bernilai edukatif demi kepentingan anak didik dalam belajar. Guru tentu saja ingin memberikan layanan yang baik kepada anak didik. Hal ini bertujuan, selain untuk mencapai target dari guru itu sendiri, siswa juga merasa senang dan bergairah dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar, serta lebih merasa bersahabat dengan guru yang mengajar.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa itu Pendekatan Belajar Mengajar
2.      Apa – apa saja Pendekatan dalam Belajar Mengajar

C.    Tujuan Pembahasan
Tujuan umum dalam pembahasan mahasiswa dapat mengetahui apa itu Pendekatan Belajar Mengajar.
Tujuan khusus dalam pembahasan agar mahasi


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Pendekatan Belajar Mengajar
Dalam kegiatan belajar mengajar terjadi interaksi yang bertujuan. Interaksi yang bertujuan itu disebabkan guru memaknainya dengan menciptakan lingkungan yang bernilai edukatif demi kepentingan siswa dalam belajar. Dalam mengajar, guru harus pandai menggunakan pendekatan secara arif dan bijaksana, bukan sembarangan yang bisa merugikan siswa. Maka penting meluruskan pandangan yang keliru dalam menilai siswa sebaiknya guru memandang siswa sebagai individu dengan segala perbedaan dalam pengajaran.
Pendekatan belajar mengajar merupakan cara pandang dan tindakan nyata yang dilakukan untuk memecahkan masalah belajar, sumber belajar, dan cara siswa belajar agar kompetensi dasar dapat dicapai siswa secara maksimal. Tugas dan peranan guru dalam pembentukan pola belajar mengajar di kelas bukan ditentukan oleh metodik “apa yang akan dipelajari” siswa, melainkan pada “siswa bisa apa”.
B.     Ciri-ciri Belajar Mengajar
Kegiatan belajar mengajar yang merupakan perpanduan kegiatan siswa yang melakukan kegiatan belajar serta guru yang melakukan kegiatan pengajaran. Keterpanduan dua aktivitas yang dilakukanguru dan murid pada waktu yang bersamaan tentunya memiliki ciri-ciri tersendiri. Adapun ciri-ciri belajar mengajar sebagai berikut :
a.       Belajar mengajar memiliki tujuan.
b.      Ada suatu prosedur.
c.       Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan penggarapan materi yang khusus.
d.      Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan pemberian pengalaman belajar kepada siswa.
e.       Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan pengembangan kecakapan hidup siswa.
f.       Dalam kegiatan belajar mengajar, guru berperan sebagai pembimbing.
g.       Ada batas waktu.
h.      Evaluasi.
Pengajaran merupakan pola atau cara yang ditetapkan sebagai penjabaran hasil kajian strategi. Teknik pengajaran merupakan cara atau teknik mengunakan alat-alat bantu mengajar dan cara-cara menerapkan metode mengajar tersebut.
C.    Berbagai Pendekatan dalam Belajar Mengajar

Pendekatan dalam belajar mengajar dapat diartikan sebagai titik tolah atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, yang di dalamnya mewadahi, menginsiprasi, menguatkan, dan melatari materi metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu.
Dalam mengajar, guru harus pandai menggunakan pendekatan secara arif dan bijaksana, bukan sembarangan yang bisa merugikan anak didik karena keberhasilan belajar mengajar lebih banyak ditentukan oleh guru dalam mengelola kelas. Pandangan guru terhadap perserta didik akan menentukan sikap dan perbuatan. Setiap guru tidak selalu mempunyai pandangan  yang sama dalam menilai anak didik. Hal ini akan mempengaruhi pendekatan yang guru ambil dalam pengajaran. Sebaliknya, guru memandang anak didik sebagai individu dengan segala perbedaan, sehingga mudah melakukan pendekatan dan pengajaran.
Berbicara tentang kegiatan belajar mengajar, ada beberapa pendekatan yang bisa digunakan untuk mendukung proses belajar mengajar. Cara pendekatan ini bersifat fleksibel. Jadi, prinsip baku tidak berlaku dalam pendekatan ini. Setiap guru bisa menggunakan cara pendekatan tertentu dalam menyesuaikan. Materi yang akan disampaikan.

1.      Pendekatan Individu
Setiap anak didik mempunyai karakteristik yang berbeda dari satu anak didik dengan anak didik lainnya. Perbedaan individual anak didik tersebut memberikan wawasan kepada guru bahwa strategi belajar harus memperhatikan perbedaan anak didik. Ini berarti bahwa anak didik diharapkan mampu mencapai tingkat penguasaan optimal. Pendekatan individual mempunyai arti yang sangat penting bagi kepentingan pengajaran.
Pengelolaan kelas sangat memerlukan pendekatan individual. Pemilihan metode tidak begitu saja mengabaikan kegunaan pendekatan individu, sehingga guru selalu melakukan pendekatan individu dalam melaksanakan tugasnya. Persoalan kesulitan belajar anak lebih mudah dipecahkan dengan pendekatan individu, walaupun suatu saat pendekatan kelompok juga diperlukan.
Contoh khusus yang bisa diatasi dengan pendekatan individual, yaitu jika anak yang suka berbicara, maka anak itu harus dipisahkan dan dikumpulkan dengan kelompok anak yang pendiam.
2.      Pendekatan Kelompok
Pendekatan kelompok memang kadang-kadang diperlukan dan perlu digunakan. Hal ini dikarenakan anak didik adalah jenis makhluk yang berkecenderung hidup bersama. Dengan pendekatan kelompok, rasa sosial anak didik mampu dikembangkan. Merasa sdar bahwa hidup ini saling bergantung satu sama lain. Tidak ada mahkluk hidup yang terus menerus berdiri sendiri tanpa keterlibatan mahkluk hidup lain. Anak didik yang dibiasakan hidup bersama dan bekerja sama dalam kelompok akan menyadari bahwa dirinya memiliki kekurangan dan kelebihan, sehingga bisa saling melengkapi satu sama lain. Persaingan positif pun terjadi di kelas untuk mencapai prestasi yang optimal. Dengan begitu, anak didik bisa diharapkan lebih aktif, kreatif, dan mandiri.
Ketika guru ingin menggunakan pendekatan kelompok, guru harus mempertimbangkan bahwa hal itu tidak bertentagan dengan tujuan, fasilitas belajar pendukung, metode intelektual, dan aspek psikologis.
Keakraban kelompok ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu :
a.       Perasaan diterima/disukai teman-teman
b.      Tarikan kelompok
c.       Teknik pengelompokan oleh guru
d.      Partisipasi/keterlibatan dalam kelompok
e.       Penerimaan tujuan kelompok dan persetujuan tentang cara mencapainya
Adapun struktur dan sifat-sifat kelompok, yakni :
a.       Suatu multipersionalia denga tingkat keakraban tertentu
b.      Suatu sistem interaksi
c.       Suatu organisasi atau struktur
d.      Suatu motif tertentu atau tujuan bersama
e.       Suatu kekuatan atau standar perilaku tertentu
f.       Pola perilaku yang dapat di observasi, yang disebut kepribadian
Akhirnya, guru dapat memanfaatkan pendekatan kelompok demi kepentingan pengelolaan pengajaran, pada umumnya, dan khususnya, pengelolaan kelas.

3.      Pendekatan Bervariasi
Ketia guru dihadapkan pada permasalahan anak didik, mau tidak mau guru akan berhadap dengan permasalahan   anak didik yang bervariasi. Pendekatan yang digunakan pun akan lebih tepat memakai pendekatan variasi. Pendekatan berveriasi bertolak dari konsepsi bahwa permasalahan yang dihadapi oleh setiap anak didik dalam belajar bermacam-macam. Khusus yang biasanya muncul dalam pembelajaran dengan berbagai motif, sehingga ini memerlukan veriasi teknik pemecahan untuk setiap kasus. Pendekatan berveriasi ini dapat dijadikan sebagai alat yang dapat guru gunakan untuk kepentingan pengajaran.

4.      Pendekatan Edukatif
Dalam pendidikan, guru dianggap kurang arif dan bijak sana bila menggunakan kekuasaan, karena hal itu bisa merugikan pertumbuhan dan perkembangan kepribadian anak didik. Pendekatanan yang benar bagi guru adalah dengan melakukan pendekatan edukatif. Setiap tindakan, sikap dan perbuatan guru yang dilakukan harus bernilai pendidikan, dengan tujuan agar anak didik menghargai norma hukum, susila, moral, social, dan agama. Kewibawaan guru yang mungkin dirasakan mulai memudar sekarang ini bayak terlibat dan tetap melekat pada pribadi guru. Sekaranglah saatnya untuk mengedepankan pendidikan kepribadian kepada anak didik, bukan hanya pendidikan intelektual serta keterampilan semata sebab itu akan menyebabkan hanya tumbuh dan berkembang sebagai orang intelektual/ilmuwan yang berpribadi kering. Semua pendekatan yang dilakukan guru harus bernilai edukatif sesuai dengan tujuan mendidik.

5.      Pendekatan Pengalaman
Pengalaman adalah guru terbaik, pengalaman adalah guru tanpa jiwa, namun selalu dicari oleh siapa pun. Belajar dari pengalaman lebih baik dari sekedar bicara, dan tidak pernah berbuat sama sekali. Pengalaman tidak semua bersifat mendidik. Ciri pengalaman edukatif adalah berpuasat pada suatu tujuan yang berarti bagi anak (meaningful), kontinu dengan kehidupan anak, berinteraksi dengan lingkungan dan menambah integrasi anak.

6.      Pendekatan Pembiasaan
Pembiasaan adalah alat pendidikan. Pembiasan yang baik akan membentuk sosok manusia yang berkepribadian baik dan sebaliknya. Menanamkan kebiasaan tidak mudah, tetapi sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan sukar untuk mengubahnya. Pendidikan kebiasaan itulah yang menyebabkan kebiasaan dijadikan sebagai pendekatan pembiasaa. Untuk itu, metode yang perlu dipertimbangkan dalam pendekatan pembiasaan adalah metode latihan (drill), pelaksanaan tugas, dan pengalaman langsung di lapangan.

7.      Pendekatan Emosional
Emosional adalah gejala kejiwaan yang ada dalam diri seseorang. Emosi berhubungan dengan perasaan. Emosi adalah suatu yang peka. Emosi mempunyai peranan penting dalam pembentukan kepribadian seseorang. Itulah sebabnya pendekatan emosional yang berdasarkan emosi atau perasaan dijadikan sebagai salah satu pendekatan dalam pendidikan dan pengajaran. Pendekatan emosional adalah suatu usaha untuk menggugah perasaan emosi siswa dalam meyakini, memahami dan menghayati sesuatu. Metode mangajar yang dipertimbangkan dalam pendekatan emosional adalah metode ceramah, cerita, dan sosiodrama.

8.      Pendekatan Rasional
Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempuran. Perbedaan pada makhluk lain terletak pada akal manusia. Kekuatan akal manusia dapat membedakan mana perbuatan yang baik dan mana perbuatan yang buruk, mana yang benar, dan mana yang dusta. Dalam dunia pendidikan, anak didik harus menggunakan akan untuk berpikir dari abstrak-konkret. Usaha yang terpenting bagi guru adalah bagaimana memberikan peran kepada akal (rasio) dalam memahami dan menerima ilmu pengatahuan. Karena keampuhan akal (rasio) itulah,”pendekatan rasional” dijadikan sebagai pendekatan untuk kepentingan pendidikan dan pengajaran di sekolah. Oleh karena itu, metode mengajar yang perlu dipertimbangkan dalam pendekatan rasional adalah metode ceramah, tanya jawab, diskusi, kerja kelompok, latihan, dan pemberian tugas.

9.      Pendekatan Fungsional
Ilmu pengatahuan yang dipelajari oleh anak di sekolah bukan hanya sekedar pengisi otak. Tetapi diharapkan berguna dan dimanfaatkan oleh anak dalam kehidupan sehari-hari. Metode belajar yang perlu dipertimbangkan dalam pendekatan fungsional adalah metode latihan, pemberian tugas, ceramah, tanya jawab, dan demontrasi.

10.  Pendekatan Keagamaan
Suatu mata pelajaran tidak lepas dari pendekatan keagamaan. Hal ini dimaksudkan agar nilai budaya ilmu tidak sekuler, tetapi menyatu dengan nilai agama. Pendekatan agama dapat membantu guru untuk memperkecil kerdilnya jiwa agama dalam diri siswa, yang pada akhirnya nilai-nilai agama tidak dicemoohkan dan tidak dilecehkan, tetapi diyakini, dipahami, dihayati, dan diamalkan.

11.  Pendekatan Kebermaknaan
Bahasa adalah alat untuk menyampaikan dan memahami gagasan, pikiran, pendapat dan perasaan secara lisan maupun tulisan. Bahasa Inggris adalah bahasa asing pertama di Indonesia yang dianggap penting dalam perkembangan dan penyerapan IPTEK. Siswa yang mengalami kegagalan dalam penguasaan bahasa Inggris mungkin disebabkan oleh penggunaan pendekatan yang kurang tepat. Salah satu alternative untuk memecahkan masalah tersebut adalah diajukannya pendekatan baru, yaitu “pendekatan kebermaknaan”
  
BAB III
PENUTUP

A.       Kesimpulan
Jadi Pendekatan belajar mengajar sangat penting kita ketahui terutama kitas sebagai calon guru karena pendekatan belajar mengajar merupakan cara pandang dan tindakan nyata yang dilakukan untuk memecahkan masalah belajar, sumber belajar, dan cara siswa belajar agar kompetensi dasar dapat dicapai siswa secara maksimal. Dengan  menggunakan macam – macam pendekatan belajar mengajar yang ada.

B.       Saran
kita sebagai mahasiswa atau calon seorang guru harus bisa mengetahui dan memahami apa itu pendekatan belajar mengajar agar kita lebih mudah menggunakannya ketika kita mengajar peserta didik nanti.


Daftar Pustaka

Hamiyah N. Dan Jauhar, M. (2014). Strategi Belajar Mengajar di Kelas. Jakarta ;

            Prestasi Pustaka Publisher

No comments:

Post a Comment