Wednesday, August 16, 2017

Konsep Dasar Pembelajaran dalam Kurikulum 2013


Menurut Sudjana, pembelajaran  merupakan setiap upaya yang dilakukan dengan sengaja oleh pendidik yang dapat menyebabkan peserta didik melakukan kegitan belajar .menurut Gulo , pembelajara adalah usaha untuk menciptakan sistem lingkungkungan yang mengoptimalkan kegiatan belajar . menurut Nasution pembelajaran sebagai suatu aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya dan menghubungkanya dengan anak didik ,sehingga terjadinya proses belajar ,yang dimaksud dengan lingkungan disni adalah ruang belajar ,guru, alat peraga, perpustakaan ,laboraturium ,dan sabagainya yang relevan dengan kegiatan belajar  siswa.
Biggis membagai konsep pembelajaran dalam tiga pengertian, yaitu :
1.       Pengertian kuantitatif
Penularan pengatahuan dari guru kepada siswa guru di tuntu untuk menguasai ilmu yang di sampaikan kepada siswa ,sehingga memberikan hasil yang optimal.
2.       Pengertian institusional
Penataan segala kemampuan mengajar sehingga berjalan efesien. Guru selalau siap mengadaptasikan berbagai teknik mengajar .
3.       Pengertian kualitatif

Upaya guru untuk memudahkan belajar siswa. Peran guru bukan   hanya menyapaikan materi pemnelajaran, tetapai juga melibatkan siswa dalam aktifitas belajar yang efektif dan efisien. Kesimpulanya ,pembelajaran merupakan suatau upaya yang dilakukan dengan sengaja oleh pendidik untuk menyampaikan ilmu pengetahuan, mengorganisasi dan mencipta sistem lingkungan dengan berbagai metode sehinga siswa dapat melakukan kegiatan belajar secara efektif dan efesien serta  dengan hasil  optimal.


Lebih Lengkap Isi Blog Klik Disini

Baca Juga:

No comments:

Post a Comment