Wednesday, August 16, 2017

Pengertian Studi Kepustakaan

Studi kepustakaan adalah segala usaha yang dilakukan oleh peneliti untuk menghimpun informasi yang relevan dengan topik atau masalah yang akan atau sedang diteliti. Studi kepustakaan dilakukan oleh peneliti dengan tujuan yang utama yaitu mencari dasar pijakan/fondasi untuk memperoleh dan membangun landasan teori, kerangka pikir, dan menentukan hipotesis. Ada juga studi kepustakaan merupakan kegiatan yang diwajibkan dalam penelitian, khususnya penelitian akademik yang tujuan utamanya adalah mengembangkan asfek teoritis maupun asfek manfaat praktis.


Hal tersebut juga wajib sifatnya karena didasarkan pada realitas bahwa penelitian kwantitatif menggunakan pendekatan ilmiah yang didalamnya mengandung unsur kombinasi antara dasar berfikir deduktif dan induktif. Cara berfikir deduktif adalah suatu bentuk pendekatan pemikiran yang mengutamakan langkah awal dari pengetahuan umumnya yang telah di verifikasikan yang kemudian akan memperoleh bentuk kesimpulan yang bentuknya lebih spesifik.


Sedangkan cara berfikir induktif merupakan pola pendekatan yang berasal dari hal yang sifatnya spesifik dan realitas sebagai langkah awal kemudian menuju pola cakupan yang lebih umum atau luas untuk kemudian mencapai bentuk kesimpulan. Studi kepustakan dilakukan setiap peneliti dengan tujuan yang utama yaitu mencari dasar pijakan atau pondasi untuk memperoleh dan membagun landasan teori,kerangka berpikir,dan menentukan dugaan sementara atau sering pula disebut sebagai hipotisis penelitian,sehingga para peneliti dapat mengerti,melokasikan,mengorganisasikan,dan kemudian menggunakan  variasi, pustaka dalam bidangnnya. Dengan melakukan studi kepustakaan,para peneliti mempunyai pendalaman yang lebih luas dan mendalam terhadap masalah yang hendak diteliti.  

Lebih Lengkap Isi Blog Klik Disini

Baca Juga:

No comments:

Post a Comment